dasar2 Bisnis Online

dasar-dasar Bisnis Online

Bisnis Online atau internet marketing adalah lahan dan peluang yang cukup menjanjikan didalam dunia usaha yang bagi kebanyakan orang orang Indonesia merupakan hal yang awam dan baru serta masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara memulainya, karena selama ini kebanyakan yang paling popular untuk bisnis online ataupun Internet marketing adalah dari luar negeri. Hal demikian merupakan pemikiran yang tidak benar, justru dengan masih sedikitnya kegiatan bisnis online di negeri ini, hal ini merupakan kesempatan dan peluang besar bagi anda untuk memulai bisnis online karena masih banyak lahan yang bisa anda garap dari bisnis online ini.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara untuk memulai bisnis online? Tahapan tahapan apa saja yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis online ini? saya mengutip Dalam situs harian bisnis online bahwa tahapan tahapan dasar bisnis online yang perlu diketahui dan kita jalamkan didalam memulai bisnis online ini. Dan dasar ini juga di gunakan bagi mereka yang sudah master dalam bisnis Online, :
1.Fikirkan IDE
Bisnis adalah IDE”, itulah nasehat konsultan dan tutor bisnis online saya. Dalam hal ini, Pilihlah Ide yang Unik dan bisa anda kembangkan, karena dari ide ini merupakan titik tolak keberhasilan bisnis online yang nantinya anda jalankan. Kumpulkan Ide sebanyak mungkin yang kemudian nanti anda saring sendiri. Saran para ahli adalah ide yang akan anda kembangkan nantinya, harus merupakan ide yang bisa anda kuasai dan yang paling mudah anda jalankan tetapi jika anda ingin menjalankan bisnis online dengan lahan yang belum anda kuasai maka saya sarankan anda pelajari dulu sebelum anda memualainya sampai anda betul betul bisa dan memahami bisnis yang anda jalankan tersebut. Jika anda memiliki hobi maka kembangkanlah hobi anda tersebut menjadi sebuah bisnis. Jika anda telah menemukan suatu ide maka lakukan tahapan kedua.

2. Penelitian IDE (riset).
Setelah anda mendapatkan suatu ide, lakukanlah penelitian terhadap ide yang akan anda kembangkan tesebut, Ide yang anda dapatkan itu sama saja fungsinya dengan keyword, untuk itu lakukanlah riset terhadap IDE anda tersebut, bagaimanakah cara risetnya?

a. Memiliki Target market dari produk yang anda hasilkan.
Buatlah target market anda secara lebih spesifik, sasaran anda apakah anak anak kah, dewasa kah, orang tua kah, latar belakang pendidikannya bagaimana, laki lakikah atau perempaunkah, semakin spesifik maka akan semakin baik, karena dengan lebih spesifik maka produk yang anda hasilkan akan lebih optimal dan tepat sasaran untuk di pasarkan.
b. Meneliti Saingan anda.
Dalam bisnis online mengintip saingan bisnis sangatlah mudah banyak fasilitas pengintai salahsatu yang terkenal yaitu google, anda tinggal memasukan keyword ide anda ke search engine maka saingan bisnis anda akan muncul. Klik satu persatu website saingan anda teliti apa kelebihan dan kekurangan dari website saingan anda, kemudian anda buat wesite yang lebih bagus dari saingan anda tersebut untuk merebut pasar.
c. Mengetahui seberapa besar target market anda
Disinilah kelebihan dari Bisnis Online, anda dapat mengetahui secara langsung seberapa banyak orang yang mencari setiap bulannya, untuk mengetahuinya masuk ke https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal. Masukan kata kunci untuk bisnis online anda maka secara otomatis mesin akan mencari seberapa banyak orang yang mencari kata kunci yang anda masukan tersebut. Sebagai contoh dibawah ini saya memasukan keyword Informasi Bisnis Online maka hasilnya seperti terlihat dibawah ini. Disini google memberikan data sebulan kebelakang dan keseluruhan bulan sebelumnya.
Disini google juga memberikan padanan kata lain yang sebelumnya tidak terfikirkan, perlu anda ketahui bahwa setiap padanan kata yang keluar merupakan satu pasar yang berbeda dan ini bisa menjadi alternative lain buat anda, dimana anda akan memposisikan produk yang akan anda pasarkan nantinya. Fikirkanlah bisnis apa yang akan anda jalankan dan check pasarnya .Tetap Fokus dan NEVER GIVE UP!!!!

2 komentar:

Rio mengatakan...

nice shere gan,, sangat bermanfaat n terus berkarya gan

blog bisnis online mengatakan...

artikel yang kreatif dan inspiratif buat yang mau mulai bisnis baru dan bisa dijadilan salah satu pertimbangan..

Posting Komentar

Berikan komentar terkait sebagai masukan bagi kami, thanks atas kunjungannya.!