SETTING MINDSET PE-BISNIS ONLINE

SETTING MINDSET PE-BISNIS ONLINE

Mindset atau pola pikir sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. jika kita berfikir negatif, maka hal-hal yang negatiflah yang kita dapat. begitu juga sebaliknya. hukum hal serupa juga berlaku dalam bisnis online. sbelum memulainya kita harus mengatur dan mensetting pola pikir dan mindset kita.

beberapa Settingan Pola Pikir yg berkaitan dengan pe-Bisnis online adalah:

a. Menetapkan apa impian Anda dengan menekuni Bisnis online. Apakah untuk persiapan pensiun dini, apakah untuk men-sejahterakan keluarga saja, apakah untuk bisa membuka lapangan pekerjaan bagi sebanyak mungkin orang (disamping kesejahteraan keluarga Anda), Apakah ingin memajukan bisnis offline yg pernah Anda tekuni selama ini, apakah untuk melunasi hutang-hutang, apakah untuk naik hajikan orang tua, apakah untuk bisa membeli rumah, membeli mobil, mendirikan yayasan yatim piatu, mendirikan lembaga keuangan mikro yg bisa membantu para pengusaha mikro, dll. Selalu perbesar gambaran impian Anda tsb di otak, baik dalam keadaan urusan lancar, apalagi dalam keadaan Anda lagi down!

b. Setelah menetapkan impian, barulah Anda bisa menjabarkan kerja apa yg bakal Anda jalani. Contoh penjabaran kerja telah Saya singgung di Buku ke-10 RWP. Jika impian kita kecil, mungkin kerja yg kita butuhkan juga kecil. Namun jika impian kita besar, maka pastilah dibutuhkan kerja ‘besar’ yg harus dilakukan sampai berhasil.

c. Setelah penjabaran kerja kita tetapkan, maka susunlah program kerja bulanan dan harian. Ibarat kita mau mendirikan rumah, maka persiapkan dari mulai pondasi, batu bata, semen, pasir, rangka rumah, instalasi listrik, pipa air, atap rumah, dinding rumah, batu marmer, dan terakhir lekuk-lekuk detail dalam ruangan yg kita impikan. Begitu pula jika kita mau mendirikan ‘Rumah Bangunan Bisnis’. Semuanya perlu bertahap, perlu hal detail yg dijalani sehingga kita akan mendapatkan hasil Bangunan Bisnis yg kita idamkan. Jika kita tidak punya program kerja detail dan bertahap, maka apa yg kita lakukan pasti tidak terarah. Barangkali kita akan menempatkan atap rumah di bagian bawah, adukan semen dan pasir yg encer, susunan batu bata yg sangat renggang, instalasi listrik yg terputusputus, sehingga jadi semrawutlah rumah anda nanti. Hati-hati..! kondisi semrawut tsb bisa Anda alami jika tidak punya program kerja yg details dan bertahap dalam bisnis online.

d. Jika program kerja bulanan dan harian sudah dijalani, maka sadari juga bahwa bisnis yg kita jalani ada 2 peluang kemungkinan ; bisa berhasil dan bisa belum berhasil (bukan gagal). Keberhasilan dan ketidakberhasilan adalah hasil dari proses harian dan bulanan yg kita jalani. Jika sudah berhasil, maka tinggal tingkatkan saja caranya agar keberhasilan tsb semakin meningkat. Jika belum berhasil, maka tinggal diputar saja ‘tuning radio’ kerja kita. Cari frekuensi kerja yang jelas dan terang. Lakukan dan lakukan terus sampai menemukan frekuensi keberhasilan seperti yg kita idamkan. Terlihat sederhana dan bertahap bukan?

e. Jangan heran jika suatu hari Anda akan menemukan semangat yang menggebu-gebu utk belajar dan bekerja. Dan jangan kaget juga jika suatu hari semangat Anda menurun drastis (down). Itu semua adalah pengaruh lingkungan dan persepsi perasaan Anda saja. Kembalikan lagi ke setting pola pikir dan hati nurani bahwa Anda diciptakan Tuhan untuk bisa Sukses (optimislah!). Apa yg tidak mungkin bagi Tuhan jika Dia sudah berkehendak membantu Anda berhasil? Semudah ucapan-Nya “jadilah”, maka semudah itulah Dia akan membantu Anda. Tinggal Anda menyiapkan diri dengan settingan pola pikir dan hati nurani yg bersih.

f. Hadapi saja segala kelemahan Anda jika mau berhasil di bisnis online. Jika anda tidak punya komputer, maka hadapi kondisi tsb dengan mencari tempat kerja di warnet, numpang dg teman, numpang komputer kantor disela waktu istirahat (dg catatan sudah mendapat ijin akses dari kantor), berani kredit komputer bekas atau butut sekalipun, dll. Jangan pernah ungkapkan segala kelemahan Anda secara terusmenerus, karena itu akan tertanam di settingan pola pikir, sehingga nanti otak Anda tidak bisa mencari jalan keluar. Fokuskan otak Anda pada solusi menghadapi kelemahan dan berusaha mencari solusi dari setiap kekurangan.Berusahalah Fokus pada solusi kekurangan, bukan pada kekurangan itu sendiri.

g. Bisnis Online tetaplah bisnis. Kita mesti memperlakukan Bisnis Online layaknya kita sedang membangun sebuah Bisnis Besar. Untuk itu diperlukan proses kerja bertahap agar Bisnis Online kita menjadi besar (bukan proses instan).

h. Jika Anda sebagai karyawan/pegawai biasa kerja diatur atasan dan ada aturan main masuk kantor, maka di Bisnis Online tidak ada orang yg mengatur kita. Kitalah Bossnya...!!! Ya, Andalah Bos bagi diri sendiri!!!

i. Berhubung tidak ada yg mengawasi Anda bekerja, maka perlu disusun rencana pribadi untuk memilih program Bisnis mana yg akan ditekuni. Anda perlu Fokus dulu pada salah satu Program bisnis di internet. Saking banyaknya sumber Penghasilan di internet (ada ribuan kali), maka pilihlah 1 atau 2 program dulu untuk ditekuni dengan fokus.

Ternyata; Untuk Berhasil di Bisnis Online, kita tidak perlu menguasai semua bidang! Cukup tekuni 1 atau 2 program dulu, konsisten belajar dan praktek, dan lihat hasilnya beberapa waktu kemudian. Jika itu yg Anda lakukan, nanti akan tersenyum sendiri melihat kenyataan ternyata internet memang bisa menghasilkan uang!!!

selamat Mencoba.!


0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terkait sebagai masukan bagi kami, thanks atas kunjungannya.!